Drain cleaner

Drain cleaner

Bisnis Keteknik Sipilan di Indonesia Kini (3)

 

Sebelumnya, kita bicara tentang peluang bisnis di bidang ketekniksipilan yang terbuka lebar. Perawatan gedung memiliki banyak sekali aspek dan dapat menjadi peluang bisnis bagi kita. Pada bagian sebelumnya dibahas tentang pembersihan pipa dapat juga menjadi peluang untuk bisnis. Drain cleaner seperti RIDGID dapat digunakan untuk perawatan perpipaan. Terdapat banyak jenis drain cleaner yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis sumbatan.

 

Bahkan untuk demolisi gedung, Indonesia juga memiliki peluang bisnis di sana. Alasan demolisi bisa dikarenakan tanah akan dibangun untuk tujuan lain atau bisa juga karena struktur sangat membutuhkan demolisi lantaran tingkat bahayanya bila terus digunakan. Biasanya tingkat bahaya tersebut dikarenakan usia, kesalahan pada desain dsb.

 

Demolisi dapat dilakukan dengan menggunakan metode manual maupun dengan metode yang terbarukan. Metode manual biasanya dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia atau menggunakan mesin. Excavator, bulldozer, crane dsb dapat digunakan untuk mendemolisi gedung. Wrecking Ball biasanya digunakan untuk mendemolisi gedung bertingkat yang berskala lebih besar. Wrecking Ball adalah bola yang terbuat dari besi baja yang sangat berat dan besar dan diikatkan di crane. Wrecking ball selanjutnya akan dihantamkan ke gedung yang akan didemolisi.

 

Demolisi gedung yang tertinggi dicatatkan rekor oleh Singer Building, New York, Amerika Serikat. Gedung ini merupakan gedung 47 lantai yang selesai dibangun tahun 1908 dan diruntuhkan tahun 1968 menjadi One Liberty Plaza. Gedung One Liberty Plaza memiliki tinggi 226 m dan 54 lantai. One Liberty Plaza digunakan untuk kegiatan Wall Street.

 

Demolisi gedung ini tentunya perlu dilakukan dengan hati-hati apalagi bila gedung berada di sekitar gedung-gedung lainnya. Demolisi harus dilakukan dengan menggunakan perhitungan keselamatan gedung dan orang yang melintas. Selain itu, walaupun menggunakan mesin dalam demolisi, pengecekan manual perlu dilakukan misalnya pada instalasi listrik, mesin dsb di dalam gedung agar ketika didemolisi, operator mesin dalam keadaan aman.

 

Demolisi lainnya dengan menggunakan metode peledakan. Metode ini dapat mendemolisi struktur dengan waktu yang paling cepat. Dikombinasi dengan ledakan yang diatur dan dihitung matang-matang, demolisi juga dapat dilakukan dengan aman. Metode ini juga bisa lebih hemat bila dibandingkan dengan demolisi manual yang menghabiskan waktu lebih lama. Waktu lebih lama dapat berakibat pada biaya demolisi yang membengkak dan biaya atas hilangnya kesempatan atau bunga uang dari waktu.

 

Teknik demolisi gedung dengan menggunakan bahan peledak yang baik dilakukan dengan memberikan peledak pada posisi strategis di gedung dan memerlukan analisis struktur teknik sipil dan menghasilkan demolisi gedung yang jatuh ke dalam tanpa mengenai daerah luar gedung. Peledak yang biasa digunakan adalah Nitroglycerin, dynamite, RDX dan lain-lain. Teknik ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Pada tahun 1997, Royal Canberra Hospital memakan korban saat dilakukan demolisi. Kesalahan perhitungan membuat seorang gadis 12 tahun meninggal di tempat dan 9 orang lainnya luka-luka.